Thursday

Discover Ujung Kulon - Indonesia, The natural heritage site....

Ujung Kulon Trip, 15-17 Agustus 2009

Ujung Kulon merupakan bagian paling Barat dari Pulau Jawa, Indonesia. Penginapan di Ujung Kulon dapat diptemuui di P. Peucang dan P. Handeleum. Taman Nasional Ujung Kulon menjadi Taman Nasional pertama yang diresmikan di Indonesia, dan juga sudah diresmikan sebagai salah satu Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO pada tahun 1992, karena wilayahnya mencakupi hutan lindung yang sangat luas. Sampai saat ini kurang lebih 50 sampai dengan 60 badak hidup di habitat ini.

Perjalanan dimulai dari meeting point di daerah Senayan dengan peserta sekitar 15 orang dengan bajet 700 ribuan, sudah 'all in', nggak perlu mikirin makan, penginapan dan transportasi lagi, cukup bawa badan dan persediaan kostum buat foto-foto :).

Tujuan pertama adalah Sumur, daerah yang ada di Kabupaten Pandeglang dan jaraknya lebih kurang 6 jam perjalanan bis dari Jakarta...agak lama emang, karena kondisi jalanan yang cukup jelek. 

Sampai di Sumur bisa sarapan dulu karena banyak ibu-ibu yang jualan lontong dan nasi uduk di sana. Di daerah sumur, tepatnya di dermaga tempat kami menunggu jemputan kapal carteran, terlihat jelas kehidupan para nelayan sekitar. Ada pasar ikan, ibu-ibu yang asik menjemur ikan olahannya, hamparan jaring yang sudah siap digulung dan para nelayan yang sibuk mengeluarkan hasil tangkapannya dari kapal.



Perjalanan selanjutnya adalah menggunakan kapal kayu (tapi sudah bermesin) selama 3-4 jam menuju Pulau Peucang.  


P. Peucang dan Sekitarnya

woowww!!! itu mungkin kata-kata pertama yang diucapkan orang-orang yang baru menginjakkan kaki di P. Peucang ini. Pantai yang berpasir putih, bersih  dengan gradasi warna air laut yang luar biasa cantiknya dan tidak terlalu ramai ini membuat P. Peucang menjadi 'satu paket' yang sangat istimewa!! yeaayy!!!


at Peucang Island, Ujung Kulon - Indonesia

Dari P. Peucang, masih ada beberapa 'target' yang wajib dikunjungi (kalo nggak mau rugiii..), tapi sebelumnya pastikan sudah membentengi diri dengan obat anti nyamuk, baik berupa lotion dan pil kina karena daerah yang akan dilalui cukup terkenal dengan nyamuknya ..tapi nggak usah terlalu khawatir :).
Menyusuri hutan tropis disini ternyata tidak seberat dugaan gue, walaupun memang cukup jauh, sekitar 30 menitan, tapi hutannya masih bisa enak untuk dilalui dan tidak terlalu penuh pepohonan...masih bisa enjoy lah kalau mau foto di sana sini...hehe. Di tengah perjalanan bisa lebih puas lagi foto-foto dengan background batu karang dan padang rumput di tempat yang sering disebut Cibom...mau sambil lompat atau manjat-manjat terserah! bebas sebebas-bebasnya!...*narsisan aah* :D
  

Sekitar 20 menit dari Cibom ini terdapat Suaka Benteng Cidaon, Sebaiknya mampir kesana juga untuk menunggu dan melihat kawanan banteng merumput , burung merak dan berbagai hewan lain di habitat aslinya. Binatang-binatang ini memang kebanyakan baru muncul setelah sore, disana juga disediakan menara pengintai yang bisa digunakan oleh para pengunjung.
Badul Island, Ujung Kulon- Indonesia

Sekitar pukul 17.30 WIB, kami berangkat ke Karang Copong untuk menikmati indahnya sunset disana. Sesuai namanya, tempat ini dipenuhi oleh karang, bahkan untuk berpijak pun akan lebih nyama kalau kita memakai sandal. Tapi justru gugusan karang-karang inilah yang membuat suasana sunset di Karang Cobong terasa berbeda…Kolaborasi yang pasti sayang untuk dilewatkan dan membuat kita merasa lebih dekat dengan alam.

Kembali ke P. Peucang, kami langsung membersihkan badan dan makan malam. Penginapan di P. Peucang termasuk ramai, ada beberapa tipe, penginapan AC / non AC dan ada yang kamar mandi di dalam / di luar atau juga homestay. Wisatawan asing yang mampir kesini pun juga sudah cukup banyak…jadi jangan mau kalah, mereka aja tertarik lhooo mampir ke Ujung Kulon dan P. Peucang ini J. Oiya, selama menginap di P. peucang ini jangan kaget kalau melihat monyet berkeliaran bebas, ada rusa yang tiba-tiba mejeng di depan pintu, atau kadal ukuran cukup besar dan babi hutan yang ngintip-ngintip dibalik dapur…tapi mereka tidak akan menganggu selagi kita pun tidak mengusik mereka…ayooo…alami sekali tempat ini... Penasaran kaan?? J

some 'friends' in Peucang Island, Ujung Kulon - Indonesia

Paginya cuaca sangat cerah…target hari itu adalah Snorkeling di P. Badul, tidak jauh dari Peucang, tapi pastikan dulu sebelumnya sudah memakai sunblock.
Pulau Badul adalah pulau tak berpenghuni dan hanya ada hamparan pasir putih disana. Kebersihannya masih terjaga dan air laut…wah wah wah…bening luar biasa!! Ditambah birunya awan dan gradasi warna air laut.. wooooww, a really really wonderful package !!!
Badul Island, Ujung Kulon - Indonesia

Ayoo..tunggu apa lagi teman? rugi lhooo kalau belum pernah ke Ujung Kulon  dan sekitarnya ini...
Badul Island & Peucang Island (Ujung Kulon, Indonesia)
Let's Explore, let's share.....


No comments: