Friday

Gili Trawangan, A Perfect Place for The Sea Lovers….

Gili Trawangan, Lombok – Indonesia (11-12 Juni 2011)


Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili (Gili Air dan Gili Meno) yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan.

Untuk mencapai  Gili T (baca: Gili Ti), sebutan turis asing untuk Gili Trawangan, bisa melaui kapal cepat/fast boat yang berangkat dari Pelabuhan Padang Bay, Bali (+/- 1 jam 45 menit) dan bisa juga dengan menggunakan pesawat terbang ke kota Mataram, lalu menyeberang ke Gili T (+/- 25 menit). Tapi disetiap servis tersebut biasanya menawarkan jasa antar jemput di/ke hotel baik di wilayah Bali atau pun Lombok.

Dalam perjalanan ini, gue mengambil rute penyeberangan dari Padang Bay ke Gili. Biaya transpotasi fast boat ke Gili T sekitar 750 ribu PP sudah termasuk antar dari/ke hotel di Bali. Kami di jemput jam 7 pagi di Kuta, Bali, dan lebih kurang 1 jam 30 menit barulah sampai di Padang Bay. Fast boat ini biasanya berangkat 2 kali sehari, jam 9 pagi dan jam 1 siang.

Begitu sampai dan menginjakan kaki di Gili T, saya langsung amazed dan jatuh cinta dengan Pulau ini!!! Pantai ini bersih sekali teman!!! Pasirnya putih dan airnya bening luar biasaa!!
Gili Trawangan, Lombok - Indonesia
Jujur, pulau terakhir yang gue puji kebersihannya adalah Phuket, Patong Beach tepatnya….perjalanan ‘cuci mata’ waktu itu di Phi Phi Island dan James Bond Island sangat berkesan. Tapiiiiiiii…setelah gue mendarat di Gili T, semua kesan dan pujian gue buat Phuket kalaaaah!!! Yupp, phuket kalah ama Gili Trawangan !! karena selain pantainya yang bersih, air yang seperti Kristal beningnya, Gili T juga punya banyaaaak keindahan underwater, ikan-ikan hias dan coral disana masih sangat sehat dan terawat, dan ini agak susah didapat kalau di Phuket, betul?? Hehe . Itulah kenapa di Gili T banyak sekali dibuka pusat latihan menyelam (dive course) baik bersetifikasi PADI atau SSI dan bahkan ada kursus buat skin dive juga!! Itu lhoo…menyelam dengan hanya menggunakan kekuatan paru-paru tanpa memakai tabung oksigen.

Gili Trawangan, Lombok - Indonesia

Di Gili T ini banyak sekali tipe penginapan yang ditawarkan, seperti bungalow, private villa dan homestay dan guesshouse untuk para backpacker. Kebanyakan penginapan sudah dilengkapi dengan kolam renang dan banyak sekali yang viewnya langsung ke pantai. Mungkin ini jugalah salah satu daya tarik kenapa Gili T banyak dipilih orang-orang untuk ‘honey moon’…hohohoho

Gili Trawangan termasuk daerah yang cukup ramai menurut saya, dan disini tidak ada kendaraan bermotor karena memang peraturan local tidak memperbolehkan adanya kendaraan bermotor disini. Sebagai alat transportasi, digunakan sepeda dan cidomo (sperti delman dan ditarik oleh kuda), seru yaa?? Bebas asap kendaraan! J


Suasa malam di Gili T juga tak kalah menariknya…untuk makan malam yang murah, enak dan tradisional, tidak jauh dari area penginapan terdapat pasar malam, dimana disana dijual berbagai macam makan seperti pecel ayam, seafood, tahu tempe goreng, dan nasi goreng / mie goreng kampung. Tapi untuk yang hobbi western food, ada banyak bar dan resto yang menyediakannya. Makin malam, suara musik makin banyak terdengar di area pantai…eh tapi itu live music lhooo…bukan ‘ajeb-ajeb’ seperti bar-bar yang ada di sekitar Kuta, Bali. Eits, band dan penyanyinya bukan sembarangan, mereka sangat berkulitas dan profesional, nggak kalah sama band/penyanyi di Hard Rock Café. Kamu pasti kan terkesan! Makin serru kaan????
  
Gili Trawangan, Lombok - Indonesia
Tak heran lagi mengapa Gili Trawangan banyak dikunjungi oleh wisatawan, menurut data Dishubparkominfo, di bulan Januari – Juli 2011, Gili Trawangan dikunjungi oleh 40.161 orang wisatawan. Dari angka tersebut tecatat kunjungan 6.806 wisatawan nusantara dan 33.355 wisatawan asing. Wooooow !! ternyata wisatawan asing yang nun jauh dari sana sudah berbondong-bondong menikmati keindahan Gili Trawangan. Harusnya kita sebagai pemilik aset negeri sendiri juga bisa menikmati doooong?!? Nggak perlu liat jauh-jauh….toh di negeri sendiri juga ada dan nggak kalah indahnya, setuju??
 
Sayang, gue cuma bisa satu malam saja di Gili Trawangan…dan itu bikin gue makin penasaraan…harus kembali lagi ke Gili T, tinggal seminggu di sini juga tampaknya belum akan puas…haha.
Sejenak terpikirkan, sebelum melihat Gili T, gw sangat mengagumi Phuket, tapi langsung berpindah ‘ke lain hati’ begitu tinggal satu malam di Gili Trawangan…apa kabar kalau gue udah bisa ngider-ngider ke seluruh Sulawesi, Derawan dan Raja Ampat ya?? pasti udah nggak tertarik nge-cap-in passport cuma buat nyari pantai .
Sunset at Gili Trawangan, Lombok - Indonesia

Salam Sesama Beach & Sea Lover J ....



2 comments:

noni said...

I'm in love with this island... For sure! :D ibarat kata cinta pada pandangan pertama...pengen ksana lagiiiii

Deary said...

Anggai, pingin deh maen air d sana:)