Thursday

Karimunjawa Archipelago – A Hidden Paradise of Indonesia

Kepulauan Karimunjawa terletak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah yang terdiri dari 27 pulau dan sudah menjadi Taman Nasional sejak tahun 2001, rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, serta hampir 400 spesies fauna laut, diantaranya termasuk ikan hias dan beberapa fauna yang sedah mulai langka.
Perjalanan menuju Japara bisa dengan menggunakan bis, kereta atau pesawat terbang ke Semarang. Dari stasiun atau bandara, ada mobil carteran menuju Pelabuhan Jepara. Di Pelabuhan Jepara, kapal yang sering digunakan dari Pelabuhan Jepara untuk ke Karimunjawa adalah kapal Kartini (+/- 4 jam) dan kapal Muria (+/- 6 jam). Kapal-kapal ini tidak berangkat setiap hari dan bila kondisi ombak sangat besar, pelayaran ke Karimunjawa bisa ditiadakan, jadi sebelum melakukan trip ke Karimunjawa, ada baiknya mencari informasi tentang kondisi cuaca dan ombak disana.
Beberapa Pulau yang sering dikunjungi adalah P. Cemar Kecil, Cemara Besar, Tanjung Gelam, P. Menjangan Kecil, P. Menjangan Besar, P. Gosong , Pulau Tengah dan P. Sintok. Pasir putih sudah menjadi ciri khas di pulau tersebut.
Karimunjawa dan underwater-nya…
Keindahan underwater Karimunjawa sudah tidak perlu diragukan lagi, pastinyaa!! Dari atas kapal saja kita sudah bisa melihat betapa beningnya air laut disana…bergerombolan ikan hias dan lucu-lucu bermain riang gembira diantara karang yang tampak sangat ‘sehat’… dibandingkan dengan karang yang ada di beberapa pulau di sekitar Jakarta, coral di Karimunjawa sangat warna warni…ada yang kuning, coklat, ungu, putih  dan merah….wooaahh.. it was stunning!!! 
Bahkan berenang dengan hiu pun juga bisa...di Pulau Menjangan Besar memang terdapat penangkaran hiu, mulai dari ukuran kecil sampai ukuran 1,5m juga ada.
 
Underwater Creatures in Karimunjawa Islands, Central Java - Indonesia
Gimana habis ngeliat beberapa jepretan temen-temen gue di Trip Karimunjawa ini??? Sangat menarik, luar biasa atau keren bangeet???..haha. Untuk menikmati syurga underwater Karimunjawa nggak  harus bisa berenang, bahkan anak-anak pun bisa karena sudah banyak yang menyewakan peralatan snorkeling dan life vest yang akan membuat badan mengapung…selanjutnya tinggal clingak clinguk menikmati syurga underwaternya Karimunjawa Islands.   

shark breeding pond at Menjangan Island
fish feeding at Menjangan Island
Mari berwisata di negeri sendiri...sebelum didahului oleh mereka dari mancanegara :-)

Let's explore..let's share....

No comments: